MAMAT ORANG PALING TERKENAL

Mamat, pesuruh di kantor kami dikenal suka
omong gede, ngakunya kenal sama semua orang
beken di negeri ini. Tingkahnya itu kadang-
kadang ngeselin. Suatu waktu, boss-nya
penasaran dan ingin membuktikan bualannya.
“Oke boss� kata si Mamat, “sebutin aja deh
nama orangnya yang ane kagak kenal�.
“Coba buktiin you kenal nggak sama si Meriem
Bellina �.
“Beres boss. �Yuk kita ke pengadilan. Maklum si
Meriem �kan lagi ngegugat-cerai lakinya.�
Di pengadilan, menunggu sebentar, nggak lama
kemudian muncul Meriem diiringi pengacaranya.
Begitu lewat di depan si Mamat, langsung si
Meriem negor:
“Eh, Mat ke mana aja udah lama nggak keliatan?
� , diiringi cium pipi kiri dan kanan ala selebritis.
“�Ntar kalo urusan udah selesai main ya
kerumah�.
Sejenak si boss terpana, tapi tak lama kemudian
dia ngomong: “Ah, saya masih belum yakin.
� ngka li kebetulan aja. Ayo sekarang tunjukin
kalo you kenal sama si Liem Sioe Liong�.
“Beres boss�.
Esoknya mereka menunggu di lobby gedung
BCA yang diagunin ke BPPN itu. Tak lama
kemudian muncullah si taipan diiringi bodyguard-
nya.
Melihat si Mamat, eh si taipan nyamperin:
“Haiyya, Mat. Tumben elu baru nongol. Owe
udah lama nyariin elu. Ke mana ajah? Yuk keatas
dulu, kita ngopi sebentar �.
“Wah, �koh, ane lagi banyak urusan nih. Kamsia
deh. Kapan-kapan ane pasti mampir lagi�.
Si taipan nyautin: “Iya dah. Jangan lupa ya�,
sambil tangannya menyisipkan sesuatu ke
kantong si Mamat.
Beberapa saat si boss melongo menyaksikan
semua adegan pembicaraan. Tapi si boss masih
penasaran, katanya:
“Oke deh, saya udah hampir percaya semua
yang saya saksikan. Tapi ini test yang terakhir.
Coba buktiin kalo you kenal sama Gus Dur �.
“Yakh boss, terang ane kenal, �kan saben hari
nongol di TV�.
“Bukan itu maksudku, tapi kenalnya kenal
beneran �, sergah si boss.
“Beres deh boss, �ka n hari Minggu ada Gus
Dur di Senayan. �Ntar kita ke sana.�
Hari Minggu sungguh luar biasa, ribuan massa
sudah luber di Senayan.
“Wah, boss kalo gini caranya susah juga ya.
Gimana caranya dia tau ane ada di sini. Tapi�
gini aja deh, boss. Boss tunggu aja di sini. Boss
liat aja nanti ane keluar di podium barengan ame
Gus Dur. Ane kenal kok sama Banser-Banser
yang tugas di podium. �
Ditunggu-tunggu, setengah jam kemudian tepuk
tangan bergemuruh nyambut Gus Dur keluar dari
podium, dan � keluar dengan digandeng si
Mamat di sebelahnya. Di sebelah satunya jelas si
Yenny, putrinya. Tak lama kemudian si Mamat
balik mau nemuin boss-nya.
Kaget dia nemuin bossnya pingsan dikelilingi
Petugas P3K, jangan-jangan serangan jantung.
Setelah ditunggu beberapa lama kemudian,
pelan-pelan dia ngomong ke si bossnya:
“Boss, boss kenapa ente?�
Nggak lama si boss buka matanya, setengah
berbisik, “Nggak apa-apa. Aku nggak apa-apa�.
“Abis kenapa bisa kejadian begini?�, tanya si
Mamat.
“Tadi waktu you keluar bareng Gus Dur di
podium, orang di sebelah saya ngomong: “EH,
SIAPA TUH YANG DIGANDENG SI
MAMAT???”

Tinggalkan Balasan

