KUSIR DELMAN YANG HEBAT

Saya punya pengalaman tentang kehebatan
orang Yogya. Sewaktu kami serombongan
peninjau keraton Yogya, kami melihat seorang
kusir delman tua sedang jongkok baru
membersihkan kotoran kudanya, karena saya
tidak pakai arloji, saya iseng tanya sama pak tua
itu, “Pak sekarang pukul berapa?”
Dengan santainya ia pegang biji kemaluan
kudanya lalu digeser sedikit ke kiri lalu ia
menjawab “Sekarang pukul setengah dua belas
siang”.
Sambil nyengir dan tertawa setengah tidak
percaya saya kembali ke rombongan dan
bertanya jam pada salah satu rekan, ternyata
benar saat itu jam setengah dua belas. Wah
hebat benar orang itu pikir saya, masak hanya
dengan menggoyang biji kemaluan kuda dia tahu
waktu.
Saya lantas cerita kepada rombongan dan kita
beramai-ramai kembali ke bapak kusir tadi karena
penasaran. Sebelum bertanya kami melihat jam
saat itu pukul 12.00. “Sekarang jam berapa ya
pak?” tanya kami.
Kusir itu kembali memegang biji kemaluan
kudanya lalu digeser sedikit dan dia bilang,
“Sekarang jam 12 pas”, spontan saat itu kami
kaget dan langsung bertanya,
“Wah bapak hebat hanya dengan pegang biji
kemaluan kuda terus digeser sedikit bapak bisa
tahu waktu?”
Dia menjawab “Lha kepiye to mas…apa mas
ndak tau di sana kan ada jam gede, dari sini
ketutupan biji kemaluan kuda saya, makanya
waktu mas nanya saya mesti menggeser anu
kuda saya biar kelihatan jam berapa…”
Walaaah…..

Tinggalkan Balasan

