RUMAHKU SURGAKU (PIDATO/KULTUM BAHASA INDONESIA)

RUMAHKU SURGAKU

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahirobbil’alamin, wash sholatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyaa i wal mursalin, sayyidina wa habibina wa syafi’ina wa maulana muhammadin wa’ala alihi washohbihi ajma’in, la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘dzim

Al mukarom para Alim Ulim Ulama para Kyai para Ustadz dan Ustadzah yg kami hormati

Khususnya Abah Dr. KH. M. Komari Syaifulloh MA.

Dan bapak-bapak pejabat pemerintah yang hadir, yg kami hormati bapak-bapak pejabat muspika kecamatan, khususnya bapak Kepala Desa yg kami hormati,

Serta hadirin hadirot rokhimakumullah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, yg telah memberikan nikmat, taufik, serta hidayahnya kepada kita semua sehingga bisa berkumpul disini dalam keadaan sehat wal’afiat, marilah kita bersama-sama mengucapkan ALHAMDULILLAH.

Kedua kalinya sholawat teriring salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Nabi akhiruzzaman, nabi pemimpin umat yang menyelamatkan manusia dari zaman jahiliyah yang gelap gulita menuju zaman islamiyah yg terang benderang dan semoga kita semua mendapatkan syafa’at beliau kelak diyaumul qiyamah, AMIN ALLAHUMMA AMIN………….

 

Ketiga kalinya pada kesempatan hari ini saya akan mengambil judul Rumahku Surgaku. Materi ini kami tujukan khushusnya kepada kedua mempelai ………. & ……….

Sesuai dengan firman Allah surat Ar-Rum: 21

 

 

 

 

 

 

 

Artinya: Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-NYA, Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-NYA diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

 

Hadirin hadirot rohimakumulloh

Ayat ini mengandung maksud bahwa tujuan orang berumah tangga adalah hidup bahagia sampai alam akhirat, betul.????…… nopo setiap rumah niku rumah tangganipun bahagia??? Ternyata…… tidak semua orang berumah tangga hidupnya bahagia. Adakalanya nikah baru seminggu cerai, ada yang menikah nikah baru satu bulan pegatan, ada yang nikah sudah satu tahun berantakan, betul…??? bahkan ada yang sudah 10 tahun malah ambur adul padahal cita-citanya adalah rumahku surgaku/ rumah tangga bahagia.

Oh.. sungguh bahagia, hidup bersama keluarga

Penuh kasih sayang mesra, rukun damai sejahtera

Rumahku itulah surgaku di dunia, oh.. sungguh bahagia

“Baiti Jannati”

 

Hadirin hadirot rohimakumulloh

Setiap orang menikah pasti bercita-cita rumah tangga bahagia, nggih nopo boten??? Maka dari itu saya punya resep supaya rumah tangga bahagia. Resep pertama “didasari rasa cinta”. Orang jawa mengatakan “Tir podo irenge, Sir podo senenge, Ora kentir podo gendhenge, betul.??? Dasarnya CINTA

 

Gegaraning wong ngakrami

Udu brana dudu warna

Nanging ati paritane

Luput pisan keno pisah

Yen gampang luwih gampang

Yen angel-angel kalangkung tan keno tinumbas arto

 

 

Milih jodo kang mas sing ati-ati

Salah sepisan bakal getun tembe buri

Milih jodo mbak yu sing ati-ati

Salah sepisan getune tembe buri

 

SHOLAWAT

Milih jodo ojo mergo rupane

Milih jodo ojo mergo bondone

Milih jodo ojo mergo pangkate

Ammiliho sing kuat agamane

 

Jadi rumah tangga bahagia harus didasari rasa cinta. Coba dilihat mas…. nyawang mbak…. tersenyum. Mbak …nyawang mas….juga tersenyum. Mas….. sampean kulo takoni, waktu sampean nglamar mbak… nopo ngancem??

Pasti keduanya atas dasar cinta

 

Cintaku kepadamu tak akan pernah layu

Bagaikan bunag surga yang mekar selamanya

 

Dasar cinta jangan waktu pengantin baru saja. Kemana-mana bersama, sampai keliling desa terpeleset kulit pisang srreeett…. oh sayangku kau jatuh. Waniat itu lembut….. butuh kasih sayang, hati-hati kalau putus asa bisa nekad.

Saya berpesan kepada mas….& mbak….. supaya menjaga cinta, nggih…… wanita yang baik kalau dipandang selalu senyum, suami pulang kerja disapa dengan baik, gimana mas kabarnya….???  jangan duit yang ditanyakan. Maka dari itu jadi seorang istri yang baik harus nerimo dibelanja sedikit banyak / sedikitpun tidfak dibelanja yang penting bapak pulang dengan selamat’ itulah rumah tangga bahagia.(                          )

Hadirin hadirot rohimakumulloh

Itulah resep cinta “Tir podo irenge, Sir podo senenge, Ora kentir podo gendhenge, betul.??? Dasarnya CINTA.

Mungkin dari saya cukup sekian, apabila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati anda semuanya, saya mohon ma’af yang sebesar-besarnya. Akhirul kalam

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 Komentar (+add yours?)

  1. febri
    Agu 02, 2012 @ 14:23:13

    itu betul sekali
    semua rumah tangga pengen yang terbaik & pengen membentuk keluarga yg sakinah mawadah dan warohmah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: